Beragam Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil – Sebagian orang ragu – ragu mengonsumsi alpukat karena khawatir alpukat akan membuat badan menjadi gemuk. Tahukah Anda jika alpukan memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil?

Bagi Anda sedang hamil, Anda perlu mengonsumsi berbagai nutrisi dari sayuran maupun buah – buahan, salah satunya alpukat.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil ada pada kandungan berbagai nutrisi seperti lemak sehat, protein, karotenoid, berbagai vitamin, dan mineral. Banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada alpukat membuat buah ini direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil, khususnya ibu hamil muda.

Beragam Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Ibu hamil muda biasanya mengalami “morning sickness” yang membuatnya jadi tidak nafsu makan. Untuk tetap dapat memperoleh energi, ibu hamil bisa mengonsumsi alpukat. Simak berbagai manfaat untuk ibu hamil berikut ini.

1. Mencukupi Kebutuhan Kalsium

Kalsium berperan dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang. Mengonsumsi alpukat dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium yang diperlukan oleh ibu hamil dan janinnya. Tercukupinya kebutuhan kalsium dapat membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang pada janin yang ada di dalam kandungan.

2. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Ibu hamil biasanya akan mudah lelah dan capek. Bahkan beberapa diantaranya ada yang sering mengalami pusing. Hal ini merupakan pertanda ibu hamil mengalami anemia. Manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat mencegah terjadinya anemia, karena di dalam alpukat terkandung zat besi yang berperan dalam memproduksi sel – sel darah merah.

Selain itu, vitamin C yang terkandung pada alpukat membantu mempercepat penyerapan zat besi. Itu sebabnya ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi alpukat agar terhindar dari anemia.

Baca Juga. Universitas Terbaik di perancis

3. Mencegah Terjadinya Cacat Saraf pada Janin

Janin memerlukan asupan makanan yang mengandung asam folat. Ibu hamil memerlukan asam folat 500 mikrogram tiap harinya. Dalam 1 buah alpukat terkandung asam folat sekitar 45 mikrogram asam folat.

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang dikonsumsi pada trimester pertama yaitu alpukat mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya cacat saraf pada janin serta membantu perkembangan sistem saraf pusat mencakup otak dan saraf tulang belakang pada janin.

4. Mencegah Kram

Ibu hamil seringkali mengalami kram pada kaki ataupun tangannya. Mengonsumsi alpukat dapat membantu mencegah terjadinya kram karena alpukat mengandung potasium yang dapat membantu mengatasi terjadinya kram.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *