KB Suntik Diberikan 4 Minggu Setelah Bersalin

Bagaimana dengan KB suntik? Mama Elsa Nazaqi yang memilih KB jenis ini bercerita, “Selesai masa nifas, saya langsung KB suntik 3 bulan sekali karena rekomendasi dokter tidak memengaruhi ASI. Tapi enggak enaknya, haid jadi tidak teratur. Sempat bikin saya resah karena haid kadang muncul, kadang hilang sampai berbulan-bulan. Tapi setelah si kecil berhenti minum ASI (usia 2 tahun), haidnya langsung teratur seperti gadis dulu meskipun jenis KB-nya sama.”

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Betul seperti yang di-share Mama Elsa Nazaqi, KB suntik yang hanya berisi hormon progesteron, berdampak pada pola haid menjadi tidak teratur . Kadang-kadang tidak haid sama sekali atau hanya bercak-bercak saja dalam waktu lama. Namun tentu tak semua pengguna akan mengalaminya karena banyak juga yang begitu cocok dengan KB jenis ini. KB ini pun bisa digunakan untuk mama menyusui karena hanya berisi hormon progesteron, tepatnya Depo Medorxi Progesterone Acetate (DMPA).

Bagi Mama yang tertarik untuk mencoba KB suntik, sebagai gambaran penyuntikan dilakukan pada otot (intra-muskuler), seperti di bokong (gluteus) atau pada pangkal le ngan (deltoid). Suntikan pertama dapat diberikan pada empat minggu setelah melahirkan dan yang kedua diberikan setiap satu bulan atau tiga bulan berikutnya. Kontrasepsi suntikan tidak disarankan untuk penderita sakit jantung, hipertensi, hepatitis, kencing manis, paru-paru, dan kelainan darah. Seperti telah sedikit disinggung di atas, efek samping yang bisa muncul, yaitu tak datang haid, lalu mungkin juga mual, sakit kepala, muntah, rambut rontok, jerawat, berat badan naik, serta perdarahan.

Apa itu kontrasepsi Norplant?

Agak asing, ya, Ma kalau mendengar kontrasepsi norplant? Ternyata norplant sama artinya dengan implan atau susuk. Lebih familiar, bukan? Alat kontrasepsi ini cukup populer karena bisa digunakan untuk jangka waktu lama, yakni 5 tahun. Susuk dipasang di bawah kulit, di atas daging pada lengan atas. Alat ini terdiri atas enam kapsul lentur seukuran korek api yang terbuat dari bahan karet silastik. Masing-masing kapsul mengandung progestin levonogestrel sintetis.

Sumber : pascal-edu.com

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *