Papa Perokok, Waspadai Kanker Testis Bag2

Bisa saja benjolan itu karena terjadi pembengkakan pembuluh darah (varicocele). Untuk memastikan, perlu dilakukan pemeriksaan. Bila hasil pemeriksaan ternyata kanker, upaya penanganan dini dapat segera dilakukan sehingga tingkat kesembuhan makin tinggi. Metastatis (penyebaran kanker ke bagian tubuh lain pun dapat dicegah. Bila tak segera ditangani, dikhawatirkan kanker testis dapat menyebar ke kelenjar getah bening, perut (abdomen), hati, tulang, paru-paru, bahkan otak. TAHAPAN DIAGNOSIS Ada beberapa upaya yang dilakukan dokter untuk mendiagnosis kemungkinan kanker testis: • Pemeriksaan fisik.

Baca juga : toefl ibt jakarta

Selain menanyakan gejala yang timbul serta riwayat kesehatan sebelumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan kondisi testis. • Pemeriksaan darah. Pada darah terdapat hormon tertentu yang berfungsi sebagai penanda apakah terMadi kanker testis. Penanda tersebut antara lain AFP (Alpha Fetoprotein), HCG (Human &horionic Gonadotrophin), dan LDH (Lactate Dehydrogenate). • Ultrasound skrotum. Langkah ini ditempuh untuk mengetahui apakah benjolan di testis bersifat jinak atau ganas. Metode ini memakai gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambaran anatomi testis. • Biopsi. Prosedur berupa pengambilan sampel sel dari tumor, lalu diperiksa di laboratorium untuk memastikan kanker testis.

Bila benjolan dipastikan kanker, pengangkatan testis (orkidektomi) dilakukan untuk menghindari risiko penyebaran. • Tes lain dilakukan untuk memeriksa penyebaran kanker, seperti x-ray dada, MR, atau CT-scan. EMPAT STADIUM Usai dilakukan serangkaian tes, dokter akan menentukan tahap kanker. Caranya dengan menentukan ukuran tumor, apakah kanker sudah menyebar (ke kelenjar getah bening atau sekitarnya), apakah kanker sudah menyebar ke organ tubuh lain. Adapun tahapan kanker testis terbagi menjadi empat stadium: • Stadium pertama, kanker masih di dalam testis. • Stadium kedua, kanker sudah menyebar ke kelenjar getah bening di perut dan panggul.

  • Stadium tiga, kanker menyebar ke kelanjar getah bening di dada bagian atas. • Stadium keempat, kanker sudah menyebar ke organ lain, seperti paruparu. TANGANI DENGAN TEPAT Penanganan kanker testis bergantung pada Jenis dan tahapan stadiumnya. Akan tetapi, umumnya prosedur penanganan pertama yang dilakukan adalah pengangkatan testis yang terserang kanker (orkidektomi).

Usai operasi pengangkatan testis, dokter mungkin menyarankan untuk dilakukan kemoterapi guna mencegah munculnya kembali kanker. Terkadang juga pasien disarankan melakukan radioterapi jika memang diperlukan. Operasi lanjutan akan dibutuhkan bila kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening atau ke organ tubuh lainnya.

Sumber : https://pascal-edu.com/

This entry was posted in Parenting. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *